Berbagi materi seputar dunia ilmu komunikasi

Pengikut

Komunikasi Antarpribadi: Gambaran Umun Model Kuardan Open dan Johari Window dalam Sebuah Hubungan



Kekuatan telah membuka sebuah ukuran dalam informasi kepada yang mana teman tentang kemapuan akademik Anda dan kelemahan, tapi tidak ada tentang keluarga, hobi, politik, atau aspek lain dalam diri Anda.
                Hubungan Anda dengan intruktor mungkin terlihat seperti sebuah lingkaran kecil B, dengan kelebaran yang terbatas. Dalam lingkaran C, banyak potongan pie yang menaungi, tapi informasi merupakan semua keamanan umum, permukaan informasi tentang diri Anda. Hal ini akan mungkin menjadi jenis penyingkapan asosiasi dengan sebuah pertemanan baru atau terbatas. Lingkaran D mewakili hampir lengkap penembusan sosial, jenis yang kita capai dalam sebuah keakraban, hubungan pengembangan yang baik, yang mana sejumlah penyingkapan diri telah ditempatkan.
Johari Window, merupakan model lain tentang bagaimana variasi penyingkapan diri dari sebuah hubungan. Juga menggambarkan variasi panggung dalam pengembangan hubungan, tingkat perhatian diri dan presepsi orang lain terhadap kita. Nama itu datang dari nama pertama kedua orang yang mengambangkannnya (Joe and Harry) dan dari sana jendela seperti terlihat. Jendela seperti lingkaran dalam model pembebasan sosial, mewakili diri Anda. Diri ini meliputi segala tentang kita,termasuk hal yang tidak terlihat dan disadari. Keberadaan salah satunya dibagi kepada apa yang Anda perlu tahu tentang diri Anda, dan apa yang Anda belum tahu tentang diri Anda. Keberadaan lain diwakili oleh sebuah fakta-fakta orang tahu tentang Anda dan yang tidak diketahui tentang Anda. Potongan-potongan kategori ini dibuat dalam empat sela jendela.
 Kuadran “OPEN” mewakili sebagian dari diri Anda yang Anda tahu dan yang mana telah Anda ungkapkan kepada orang lain. Sebagaimana sebuah hubungan menjadi lebih intim, kuadran “OPEN” tersebut tumbuh lenih besar. Kuadran “HIDDEN” adalah informasi yang Anda tahu tentang diri Anda tetapi tidak dibagi kepada orang lain. Kuadran ini biasanya lebih besar pada awalnya, tetapi  seiring Anda terbuka kepada orang lain,hal itu akan menyusut seiring dengan pertumbuhan kuardan “OPEN.” Informasi dalam kuadran “UNKNOWN” merupakan bagian dari diri Anda yang mana belum Anda temukan atau sadari. Seiring kita belajar dan diri lebih terbuka tentang diri kita sendiri, atau seiring orang lain belajar lebih tentang kita, kudran ini menjadi lebih semakin kecil dan terus mengecil. Individu yang tidak terlalu intropsektif dan tidak memiliki  sebuah perkembangan pengertian yang sangat baik terhadap diri akan memiliki lebih besar area “UNKNOWN” dari mereka yang telah membuat usaha pengertian untuk menjadi mengetahui diri mereka sendiri.
Karena kita tidak akan pernah tahu diri kita sepenuhnya, kuadran “UNKNOWN” akan selalu  ada, kita hanya dapat memperkirakan pada ukuran neraca tertentu karena informasi tersebut mengandung ketidaktersedian terhapad terhadap kita. Tetapi kadang teman kita mengobservasi hal tentang kita yang tidak kita sadari atau rasa tentang diri kita sendiri. Jenis ketidaksengajaan ini diri tersingkap yang diwakili oleh kuadran “BLIND.” Kuadran ini tidak termasuk salah presepsi tentang kita, tapi  lebih nyata aspek dalam diri kita yang mana gagal kita kenali. Kuadran ‘BLIND” biasanya kecil ketika seseorang tidak mengetahui kita dengan baik, dan itu tumbuh lebih besar seiring dengan orang mengobservasi lebih dan lebih banyak informasi yang ada dalam kuadran “UNKNOWN.” Bagaimanapun, seiring dengan hubungan menjadi lebih intim. Orang lain akan lebih mungkin mengungkapkan presepsi kepada kita, jadi kuadran “UNKNOWN” dan “BLIND” menyusutkan sebagaimana informasi menjadi diketahui dan dapat diperoleh kepada kita. Sebagaimana Anda dapat lihat, kemudian, hubungan intim memainkan sebuah peran penting dalam pertumbuhan pengetahuan diri.
Sebagaimana yang telah kita lakukan dengan model penembusan sosial, kita dapat menggambarkan Johari Windows untuk mewakili masing-masing dalam hubungan kita. Jendela A menggambarkan sesuatu yang baru atau sangat membatasi hubungan untuk seseorang yang mungkin muda atau pada paling sedikit tidak sangat menyadari diri. Sangat sedikit informasi yang telah disingkapkan atau diobservasi oleh yang lain, maka kuadran “OPEN” dan “BLIND” itu kecil. Jendela B juga menunjukan  sesuatu yang baru atau membatasi hubungan kepada seseorang yang mengetahui diri mereka dengan sangat baik. Lagi, kuadran “OPEN” dan “BLIND” itu kecil, tapi kuadran “UNKNOWN” juga kecil. Kuadran C mewakili sebuah hubungan yang telah meningkat kepada sebuah hubungan pertemanan yang baik, dan jendela D menunjukan sebuah hubungan yang sangat intim yang mana di dalam keduanya individu terbuka dan tersingkap.
Dengan melihat pada sebuah koleksi dari Johari Windows milik Anda, Anda dapat belajar sebuah perjanjian besar tentang pendekatan umum Anda kepada hubungan. Jika Anda segan untuk membuka informasi kepada orang lain, dan Anda tidak menyatakan perjanjian besar tentang diri Anda sampai prilaku Anda, jendela Anda akan konsisten terlihat seperti jendela A atau jendela B. Jika Anda sangat ramah dan berkepribadian terbuka, jendela Anda akan menyerupai jendela D. Kita dapat memeriksa status menganai sebuah fakta-fakta hubungan dengan menggambarkan sebuah jendela. Kemudian kita dapat melihat apakah satu anggota telah lebih terbuka pada dirinya dari pada yang lain (dan memiliki sebuah kuadran “OPEN” yang lebih besar) atau apakah satu anggota telah lebih lengkap pengetahuan dirinya (dan sebuah kuadran “UNKNOWN” yang lebih kecil).

No comments:

Post a Comment

Sesame Street Elmo
Copyright © Jurnal Komunikasi. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design