Berbagi materi seputar dunia ilmu komunikasi

Pengikut

Tri Darma Perguruan Tinggi serta 4 Peran dan Fungsi Mahasiswa


TRI DARMA PERGURUAN TINGGI


unsplash.com/@rizsam

1.       Pendidikan dan pengajaran
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa da negara.
2.       Penelitian dan pengembangan
Yakni pengembangan ilmu dan teknologi sebagai suatu proses pembelajaranuntuk memperoleh suatu perubahn-perubahan yang akan membawake arah yang lebih maju dan terdepan.
3.       Pengabdian kepada masyarakat
Pengabdian kepada masyarakat adalah aktivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan  dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehisupan bangsa.
Mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berkomunikasi nyata, sebagai penyambung lidah rakyat dan agent of change.


4 Peran dan Fungsi Mahasiswa

1.       Sebagai Iron Stock, mahasiswa harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintah nantinya, berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini.
2.       Agent of change, mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.
3.       Social control, mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkngan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan.
4.       Moral force¸mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila dilingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak beroral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai denga apa yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment

Sesame Street Elmo
Copyright © Jurnal Komunikasi. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design